Rabu, 06 Maret 2013

Humanity is in Peril

Bagi para blogger yang pernah memainkan game Warcraft III: Reign of Chaos, kalimat seperti yang tersebut pada judul tulisan ini pasti tidak akan terasa asing lagi. Kalau boleh menerjemahkannya secara bebas kira-kira artinya kemanusiaan dalam bahaya. Entah terjemahan ini sudah tepat atau tidak, serta apa yang dimaksud dengan kemanusiaan dalam bahaya itu, bukan itu tujuan dari penulisan ini.

Memang akhir-akhir ini game, terutama game online, tengah mewabah di kalangan generasi jaman sekarang ini. Apa yang membuat generasi muda kita itu begitu tergila-gilanya dengan dunia game ini? Berdasarkan pengamatan penulis blog ini,setidaknya ada dua hal utama yang membuat game itu memiliki daya tarik tersendiri bagi generasi sekarang ini.

Yang pertama adalah adanya teknologi grafis yang telah mampu memvisualisasikan sebuah 'dunia lain' dari dunia nyata. Ya, meskipun sebenarnya itu semua bukanlah sebuah kenyataan yang sebenarnya. Kalau kita perhatikan game seperti Warcraft misalnya, kita tidak melihat karakternya, kecuali saat mode cinematic, seperti sosok yang mendekati nyata seperti di Final Fantasy ataupun di Winning Eleven. Tetapi dunia di mana para Orc dan Human serta  mahluk yang lain tinggal itu memang memiliki daya tarik tersendiri dimana ketika kita mencoba memasuki dunianya itu kita serasa dibawa di suatu 'alam lain' dari dunia kita yang nyata. Yang pernah memainkan Warcraft pasti masih ingat bagaimana suasana pedesaan yang mendamaikan hati saat berada di Hearthglenn. Atau tentang bagaimana keadaan alam di Kalimdor. Inilah daya tarik dari bermain game yang pertama.

Yang keduanya, adalah tantangan kemanusiaannya, seperti tersirat dalam judul tulisan ini. Dalam game Warcraft misalnya, ada dua sumber daya utama dalam membangun sebuah basis militer yang kuat, yaitu gold and lumber, ditambah dengan ketersediaan pangan yang diistilahkan dengan upkeep. Nah, bila kita menghendaki sebuah basis militer yang benar-benar tangguh, bukankah kita harus bekerja keras menyediakan tigal hal tersebut? Ya, kerja keras, itulah tantangan kemanusiaannya! Termasuk bagaimana cara bisa memenangkan peperangan demi peperangan. Istilah yang lebih kerennya lagi adalah kemanusiaan kita ditantang untuk memecahkan masalah bagaimana caranya agar tetap bisa survive di dunianya Warcraft itu!

Yang ketiganya? Apabila di antara para blogger menemukan ada yang ketiga, silakan menambahkannya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar